Kamu mungkin melihat ukuran kemapanan atau gaya fashion seseorang dari jenis sepatu yang digunakannya. Semakin tinggi kualitas dari sepatu maka semakin tinggi pula apa yang Kamu pikirkan tentang pemakainya.

Saat memilih sepatu bukan hanya soal kualitas dan bentuk dari sepatu, Kamu juga harus memikirkan daya pakai sepatu tersebut. Karena itu tidak banyak orang yang rela merogok kocek dalam-dalam hanya untuk mendapatkan kualitas sepatu yang baik.

Salah satu jenis sepatu yang biasanya dicari yaitu sepatu berbahan kulit. Saat menggunakan sepatu kulit akan membuat Kamu terlihat sangat keren dan stylist.

Sepatu kulit sangat jarang digunakan karena harganya yang lumayan menguras kantong dan keasliannya pun sulit ditebak. Selain untuk gaya, sepatu kulit biasanya dijadikan investasi. Merawat sepatu ini pun harus berhati-hati.

Berikut tips merawat sepatu kulit Kamu agar tetap awet dan tetap terlihat baru.

Kenali Sepatu Mu

Saat Kamu membeli sebuah barang pastinya Kamu harus mengetahui seluk beluk dari barang tersebut. Hal inilah yang dpat Kamu lakukan pada sepatu kulit Kamu.

Ada baiknya saat Kamu membeli sepatu kulit, tanyakan terbuat dari kulit apa sepatu tersebut. Hal ini dikarenakan, setiap jenis sepatu kulit memiliki cara perawatan masing-masing.

Bersihkan Sepatu Kulit Mu

Biasanya toko sepatu kulit kulit menyediakan pembersih yang khusus digunakan untuk membersihkan sepatu tersebut. Tetapi jika toko tersebut tidak menjualnya atau kehabisan stok, Kamu dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Ambil tali sepatu Kamu dan gunakan sikat berbulu lembut. Lalu bersihkan dari awal sampai akhir.
  2. Gunakan sikat yang lembut untuk membersihkan bagian dalam sepatu kulit.
  3. Masukkan tangan Kamu ke dalam sepatu utnuk menahan saat dibersihkan lalu gunakan cleaner yang cocok atau sabun yang memang direkomendasikan buat sepatu Kamu lalu ratakan ke seluruh sisi sepatu. Biarkan kering selama 20 menit setelah itu lanjut untuk pemolesan.
  4. Gunakan pelembab untuk mencegah terjadinya pengelupasan dan kerutan pada kulit sepatu Kamu. Oleskan satu sendok kondisioner pada kain yang berbahan lembut lalu gosok dengan lembut ke seluruh permukaan kulit secara melingkar.
  5. Pilih warna yang sesuai dengan sepatu Kamu. Para ahli biasanya menyarankan untuk menggunakan polish lanolin dari lilin lebah karena akan melembutkan dan melindunginya.
  6. Agar terlindung dari air, Kamu dapat menggunakan Spray-on A. Spray-On A adalah alat yang melindungi sepatu kulit saat terkena air.
  7. Simpan sepatu kulit Kamu terpisah dari jenis sepatu lainnya, hal ini dikarenakan saat bercampur dengan sepatu jenis lainnya akan membuat perkembangan bakteri pada sepatu lain berpindah pada sepatu kulit Kamu sehingga akan mengeluarkan bau yang tak sedap dan dapat merusak kulit pada sepatu Kamu. Hindari juga menyimpan pada tempat yang terkena sinar matahari langsung. Gunakan suhu standar untuk penyimpanan sepatu ini.