Musim hujan memang menyenangkan sekaligus memilukan. Apalagi kalau sampai kebanjiran, sungguh ‘sesuatu’ banget lah yaw. Menyenangkan bagi anak-anak, mereka bisa maianan air tanpa kena marah orangtuanya. Memilukan bagi para orang tua, aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Siswa sekolah dan para pekerjapun ikut pilu, memikirkan nasib sepatu yang selalu basah

Ah, yang ini saya tau, karena dulu pernah merasakannya, sepatu terendam air padahal keesokan harinya mau dipake. Biasanya jika sudah begitu sebagai solusi, saya mengeringkan sepatu basah dengan cara meletakkan di atas tungku / kompor atau rice cooker :mrgreen: Begitulah nasib punya sepatu hanya sepasang, itupun pemberian perusahaan.

Ternyata mengeringkan sepatu dengan cara itu kurang efektif. Justru malah muncul masalah baru, kalau tidak kebakar tuh sepatu, ya minimal bau sangit ( apa ya bahasa indonesianya ❓ ) Makanya perbuatan itu tidak layak dicontoh, hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang ahli.

Namun, sekarang tak perlu khawatir, saya akan memberitahukan sebuah rahasia penting tentang cara mudah mengeringkan sepatu secara sederhana tanpa dijemur di bawah sinar matahari. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Langkah Pertama, ambil koran bekas beberapa lembar. Jangan ambil koran baru yang masih dibaca ayah, apalagi koran terbitan besok.
  2. Langkah Kedua, remas-remas koran koran tersebut lalu masukkan ke dalam sepatu yang basah. Tekan kertas koran bekas tersebut hingga memenuhi seluruh ruang sepatu.
  3. Langkah Ketiga, biarkan sepatu anda tersumbat kertas koran beberapa jam.
  4. Langkah Keempat, pada pagi harinya ambillah kertas penyumbat sepatu anda, dan lihatlah hasilnya. Kini kertas koran bekas itu menjadi basah dan sepatu anda menjadi kering.

Demikian tips mengeringkan sepatu tanpa dijemur dari saya. Kertas koran bekas akan menyerap air yang membasahi sepatu anda, sehingga air tersebut berpindah dari sepatu menuju kertas koran. Sebenarnya tidak hanya dengan koran bekas untuk mengeringkan sepatu, tapi semua bahan yang mudah menyerap air bisa dimanfaatkan.

Meskipun hanya koran bekas, ternyata kita bisa mengambil manfaatnya bukan? So, simpan koran yang sudah anda baca, siapa tau bisa bermanfaat