cara-merawat-sepatu-putih

Jakarta – Saat ini sneakers putih tengah banyak diburu oleh para pecinta fashion. Jika dulu banyak orang yang tidak percaya diri mengenakan sepatu putih atau menghindari menggunakannya karena takut cepat kotor, kini sepatu berjenis sporty dengan spesifik warna putih tersebut semakin banyak diminati.

Meski begitu, menggunakan sepatu putih tetap terasa berisiko karena noda lebih mudah terlihat dan warnanya yang awalnya putih terang semakin lama bisa semakin menguning. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini tips dan trik dalam merawat sneakers putih.

1. Produk Perawatan Sepatu Sesuai dengan Jenis Bahan
Disarankan agar memiliki produk perawatan sepatu sesuai dengan bahan sepatu sneakers yang Anda miliki, kulit atau kanvas. Produk perawatan tersebut berfungsi untuk menjaga sepatu dari noda ataupun jamur. Setelah disemprotkan dengan produk pembersih khusus, Anda bisa mengelapnya dengan kain bersih. Sedangkan untuk bahan kanvas bisa menggunakan sikat gigi berbulu halus.

2. Hindari Membersihkannya di Mesin Cuci
Megan Wellemeyer, product manager brand sepatu Keds tidak menyarankan untuk membersihkan sepatu di mesin cuci. “Panas dari pengering bisa menyebabkan warna sepatu memudar dan bisa membuat bahan menjadi tipis hingga robek,” jelasnya seperti dikutip dari Fashionista. Mesin cuci juga bisa menyebabkan karet sepatu menjadi menguning.

3. Rutin Merawat Sepatu
Memiliki sepatu putih memang harus lebih rajin dalam merawatnya. Menurut Didit, salah satu anggota Indonesia Sneakers Team, komunitas pecinta sneakers di Indonesia, sepatu putih sangat mudah kotor dan warnanya cepat menguning.

“Itu biasanya akibat umur atau noda yang didiemin,” ujar pria yang memiliki toko sepatu Emerge by Proud To Wear itu saat diwawancara Wolipop, Kamis (16/8/2015). Didit menyarankan agar membersihkan sepatu setelah menggunakannya atau setidaknya satu bulan sekali.

4. Hindari Sneakers Dijemur di Bawah Matahari
Setelah sepatu sneakers putih dibersihkan atau terkena air sebaiknya langsung dikeringkan. Tapi hindari menjemurnya di bawah matahari karena warna sepatu bisa menguning. “Sebaiknya di jemur atau hanya diangin-anginkan di dalam rumah atau teras, jangan langsung terkena matahari,” saran Didit.

5. Menyimpan di Tempat Kering
Untuk menghindari jamur dan mengubah warna sepatu, simpan sepatu di tempat kering. Anda juga bisa menaburkan baking soda di dalam sepatu untuk menghilangkan bau tidak sedap dan juga menghindari jamur.

Sumber: Detik.com